By Admin  Article Published 14 March 2016
 


Jenis cake keju ini, sudah menjadi "Wabah" bagi para bakul kue di seantero dunia maya pada tahun-tahun kemarin. Sempat "Booming" sekali saat itu, hingga kini pun masih menjadi favorit beberapa orang, rupanya.

Bagaimana dengan Anda?? sudah pernah mencicipinya? atau bahkan mencobanya?! Jika sudah mencicipinya, bagaimana? tertarik untuk menyantapnya kembali ? hehe....yang jelas masing-masing orang, pastilah mempunyai pengalaman tersendiri saat menyantapnya.

Kalau mencoba membuatnya ? Sudah pernahkah mencobanya di rumah Anda? Bila membuat JCC sendiri di dapur Anda, tentulah akan lebih lengkap rasanya ya.

Ada yang belum pernah mencoba membuatnya?? Mengapa ? Takut gagal?! Atau bahkan merasa "kapok" untuk membuat lagi? Jangan dong yaa... membuatnya tak terlalu sulit lho. Kita coba buat yuuk !

Diantara beberapa resep yang beredar, sebagian besar diantaranya menuju pada satu resep acuan, yaitu sebuah buku yang berjudul CHEESE CAKE, karya Yasa Boga. Memang di buku ini banyak sekali ditampilkan beraneka ragam variasi cheese cake. Nah, Japanese Cheese Cake adalah salah satu resep yang ditampilan disitu.


Berikut kutipan lengkap resepnya :


JAPANESE CHEESE CAKE

Diambil dari : Buku 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga)

 

Campur & ayak:

50 gr tepung terigu

50 gr tepung maizena


Bahan Lain :

60 gr mentega tawar

250 gr cream cheese, biarkan di suhu ruang

120 ml whipp cream

3 butir kuning telur

1 butir telur utuh

2 sdt kulit jeruk lemon parut, jika tak ada /enggan memarut di-skip saja

5 butir putih telur

1/8 sdt garam

125 gr gula pasir halus (saya biasa pakai hanya 110 gr saja, gula pasir diblender)

1 sdt air jeruk lemon


Topping:

2 sdm selai blueberry/selai lainnya

2 sdm air

(jumlah selainya bisa sesuai kebutuhan cake yg akan kita beri toping ya)

Selain mengacu pada resep Yasa Boga, teman-teman juga bisa menggunakan resep yang pernah dimodifikasi oleh Ibu Fatmah Bahalwan (NCC- Natural Cooking Club). Berikut resepnya :


JAPANESE CHEESE CAKE - Modified by: Fatmah Bahalwan

Campur dan ayak:
50 gr tepung terig
50 gr tepung maizena

Bahan:

60 gr mentega tawar

250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang

120 ml whip cream

5 kuning telur

2 sdt kulit jeruk lemon parut (dari 2 buah jeruk lemon)

5 putih telur

1/8 sdt garam

125 gr gula pasir halus

1 sdt air jeruk lemon


Topping:

2 sdm selai apricot

2 sdm air

Dari kedua resep di atas, cara membuatnya sama, berikut ini selengkapnya :

Cara membuat :

Siapkan loyang bulat 22 cm, tinggi 10/12 cm, atau loyang oval yg panjang 20 cm itu 2 bh, ato loyang bulat 18cm tinggi 8cm = 2 bh, poles mentega, alasi kertas roti, olesi mentega lagi. Panaskan oven 150 derajat Celsius.

Campur mentega, cream cheese dan whipp cream dalam wadah. Masak dgn api yg kecil, aduk hingga adonan tercampur rata & lembut, matikan api (jangan sampai mendidih ya).

Masuk campuran tepung, aduk rata. Masuk kuning telur satu-satu , aduk , kemudian tambahkan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk merata, sisihkan dulu.

Kocok putih telur hingga mulai berbusa sedikit, kemudian masuk gula pasir halus sedikit-sedikit smbl dikocok dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak), adonan busa masih lembut tak perlu sampai benar2 kaku.

Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata kembali.

Siapkan loyang, tuang adonan, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 60 menit sampai permukaan matang.

Sekitar 50 menit, cek cake permukaanya sdh terlihat coklat, bisa menggunakan test tusuk cake dengan sebatang lidi kecil. Bila tak ada adonan yg menempel, berarti cake telah matang. Test tusuk ini tak perlu loyang dibawa keluar oven, biarkan didlm oven.

Jika telah matang, matikan api oven, biarkan loyang tetap didlm oven, buka tutup oven sekitar 2cm. Biarkan bbrp saat sebelum Cake dikeluarkan dari oven, untuk menghindari penurunan suhu yg bisa berakibat, lekas kempesnya Cake.

Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.

Panaskan selai blueberry/lainnya dan air, oleskan ke permukaan cheesecake. Hias sesuai selera.



**Catatan saya selama membuat JCC : 

a. Gunakan api oven tidak lebih dari 150 derajat celcius, dan jangan buka pintu oven kecuali pada menit2 terakhir, sekitar 50 menit.


b. Belajar dari info yang diberikan Mbak Dian - NAKIA CAKES, tentang cara memanggang Cheese Cake yang pernah ditulisnya. Gunakan dua buah loyang sebagai alas memanggang dgn teknik steam ini. Biasanya kan kita menggunakan aluminium foil untuk membungkus loyang yg terisi adonan, agar tidak kemasukan air. Daripada boros aluminium foil, mending pakai saja loyang lagi. Jadi, Satu loyang berisi adonan, letakkan ke dalam loyang yg ukurannya lebih lebar, kemudian letakkan kembali kedua loyang itu ke dalam loyang lebih lebar lagi yg telah berisi air. Baru dioven, dijamin gak bakal masuk kok airnya. Hemat pula.


c.Setelah adonan JCC matang, sekitar 60 menit. Jangan terburu-buru mengeluarkan cake dari oven, tapi biarkan saja tetap dlm oven, hanya buka tutup oven sekitar 2 cm , agar suhu oven turun sedikit demi sedikit. Barulah keluarkan, tunggu hingga cake benar2 dingin, Kikis pinggiran cake menggunakan pisau tajam, keluarkan cake, dinginkan ke dlm kulkas sekitar 1-2 jam. Barulah hias sesuai kebutuhan. Setelah itu, untuk hasil yg maksimal, simpan cake dlm kulkas lagi dlm wadah tertutup, sebelum cake dikirim / dinikmati.

 
 


Related Article