By Admin  Article Published 15 March 2016
 
Menjelang malam, selepas magrib saya menerima satu paket kecil donat kentang yang sudah siap santap buatan teman saya Inna . Teksturnya empuk dan rasanya enak. Untuk donat, terus terang saya termasuk kategori "kuno" :D , lebih suka menikmatinya hanya dlm kondisi masih hangat dan tanpa diberi toping apa-apa.
 
Putri saya, mengenal donat sudah dalam jaman yang diberi beraneka macam rasa di topingnya. Paling disukai adalah toping rasa vla greentea, plain coklat atau oreo. Tak terlalu jauh dari seleranya, hanya beberapa jenis toping manis saja yang saya nikmati. Selebihnya, lebih memilih rasa gurih susu.
 
Hendak menyantap donat kentang kedua saya, tiba-tiba teringat postingan seorang teman di blog Multiplynya dulu, Heramesayu. Nah...jadi ngiler bener deh ... tak tahan lagi pingin buat toping keju meleleh pada donut itu. Kali ini, saya buat toping keju meleleh saya lebih asoyy .. nikmat dah. Donat kentangnya enak... topingnya juga mantap , klop kan !!
 
Anda penyuka toping keju meleleh pada donat juga ??? Boleh nih cobain ramuan saya :D
 
 
 

 

Melted Cheese Topping for Donuts

-------------------------------------------

by Rachmah Setyawati

 

Bahan utama : 4 bh Donut Kentang

( Bisa menggunakan aneka macam donat, bisa donat kentang ataupun donat biasa)

 

Bahan pembuatan toping :

3 lbr Keju Cheddar lembaran, potong2 tipis2 / cincang halus

3 sdm Krim Kental/Whipped Cream cair - non dairy (aku pakai RICH'S)

3 sdm Cooking Cream (aku pakai Elle&Vire)

1 sdt Garlic Cheese Cream (aku pakai Yummy)

---------------Note : Bila di rumah tidak tersedia bahan2 segala macam krim kental/krim keju diatas, bisa saja hanya menggunakan komposisi 3 lbr Keju Cheddar + sekitar 75-100cc Susu UHT cair putih , caranya sama.

 

Cara Membuat :

1. Letakkan semua bahan pembuatan toping dlm wadah tahan panas, aduk2 semua bahan , kukus /steam hingga lunak kejunya, buka kukusan aduk2 sambil masih dlm kukusan, hingga semua keju meleleh.

(Bisa juga langsung dimasak dlm sebuah panci kecil, hanya saja gunakan api kecil ya, aduk2 terus agar tidak gosong ,hingga semua keju meleleh merata)

2. Sambil terus diaduk selagi panas, ambil 1 buah donat, celupkan langsung salah satu permukaan secara merata pada adonan keju leleh tadi, ambil hati2, rapikan , taburi dengan peterseli cincang dan fresh oregano cincang segera, letakkan pada piring saji. Biarkan set. Siap disantap. Lakukan hingga donat dan adonan toping habis.

 

Omong-omong, putri saya tak terlalu suka dengan toping jenis keju leleh ini, maklum saja baginya toping Vla Greentea tetap menjadi favorit..... Jadi, tadi cukup menghabiskan 1/2 porsi bagian dari 1 bh donat keju ini saja, selebihnya hanya bertanya "Ibu sudah nemukan cara membuat Vla Greentea nggak ??? " ......... Gubrakksss !!@!##!@!

Satu lagi PR buat Ibu ya , Nak ......

 

Note : untuk resep donat, mungkin teman-teman sudah mempunyai banyak referensi atau resep handalnya kan... atau kalau blm punya bisa melihat-lihat nih hasil buatan teman saya juga Heramesayu

 


Related Article