By Admin  Article Published 14 March 2016
 
 


Masih segar dalam ingatan saya ketika membeli satu cake kemasan produksi salah satu produsen daging olahan di kawasan Gempol, Pasuruan pada minggu lalu bareng teman-teman arisan Melati.


Tertera disitu , jenis cake " Light Cheese Cake" .. 

Hmm.. boleh juga nih , menjual kue dgn kemasan siap saji spt itu, pikirku.

Nah, kebiasan nehhh.... kalau terkesan akan sesuatu cake baru yg saya temui, pikiran saya ini pastiii nggak bisa lepas dari apa yg saya temui itu. 

Walau terkadang justru muncul ide2 baru yg sangat melenceng jauh .. hahaha.. aneh betul saya ini. Lebih suka uplek buat sesuatu daripada Jalan-Jalan NgeMall .. hadeehh**


Suka saya dengan cake yg bertekstur lembut, dan berasa susu/keju berbadu buah / gurih didalamnya. Fav saya jenis cake yg seperti itu. Sebagai catatan saja ya, walau saya menyukai membuat sesuatu, namun mostly yg paliiing bener2 disuka adalah buat sesuatu yg enak tapi nggak ribettt !


Jadilah ide yg muncul malam ini seperti ini, versi cheese cake yg ada aroma blueberry tapiii yg buatnya gak ribet , hasil akhirnya tadi setelah diincip lumayan dehhhh... cincailahhhh, boleh msk daftar resep baru nih.

 

LIGHT BLUEBERRY CHEESE CAKE

By Rachmah Setyawati

======================

Bahan :

4 butir telur utuh, uk besar 

120 gr gula pasir

15 gr emulsifier


Bahan kering :

2 gr Baking Powder

125 gr Tepung Terigu

10 gr Tepung Maizena

20 gr Susu bubuk 

-----> ayak semua bahan kering


50 gr Butter leleh

50 gr Susu cair

75 gr Cheese Cream, biarkan suhu ruang


Pasta Blueberry

Keju cheddar, potong2 bentuk dadu kecil


Cara Membuat :

1. Blender cheese cream dan susu cair hingga tercampur rata dan bertekstur kental, sisihkan.

2. Taruh dlm wadah yg bersih, gula pasir, semua bahan kering yg sudah diayak , telur dan emulsifier.Kocok dgn mixer kecepatan tinggi hingga mengembang kental.

  3. Setelah mengembang kental (soft peak), masukkan cheese cream dan susu yg sudah diblender tadi , turunkan kecepatan mixer, kocok rata. Kemudian,masukkan mentega /margarin leleh, kocok merata dengan cepat. Matikan mixer.

4. Ambil 1/3 bagian adonan, beri dgn pasta blueberry.  

5. Poles loyang kotak berukuran 18X18X7cm dengan margarin/butter, beri alas kertas roti poles margarin/butter lagi. Lalu tuang sebagian adonan berwarna putih(tanpa warna),  ratakan , taburi potongan keju cheddar di atas permukaannya, lalu tutup permukaannya dengan adonan yg beraroma blueberry , ratakan , taburi dengan keju potong. Setelahnya, tuang lagi sisa adonan yg tanpa warna, diatas adonan blueberry tadi, ratakan. Siap dipanggang.

6. Panggang dengan suhu sedang, hingga kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang.

 


Related Article